-->

Ini Dia Biaya Bangun Rumah Tipe 45 Minimalis di Tahun 2020

Ini Dia Biaya Bangun Rumah Tipe 45 Minimalis di Tahun 2020
Ini Dia Biaya Bangun Rumah Tipe 45 Minimalis di Tahun 2020
Biaya bangun rumah tipe 45 harus dihitung dengan cermat agar Anda sukses mendapat rumah impian. Ini contekannya!


Ini Dia Biaya Bangun Rumah Tipe 45 Minimalis di Tahun 2020


Memiliki rumah dengan desain dan konsep yang sesuai keinginan tentunya memberi kepuasan tersendiri. Karena itu, tak sedikit pemilik rumah yang gemar membeli tanah kavling atau rumah jadi untuk dibangun ulang menjadi rumah sesuai impian.
Nah, kalau Anda sudah mendapat area yang pas untuk dihuni dan sedang merencanakan pembangunan rumah, Anda bisa mengikuti panduan estimasi biayanya dari Rumah.com. Apalagi jika Anda cenderung ingin membangun hunian dengan tipe 45 berkonsep minimalis.
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghitung biaya bangun rumah tipe 45 minimalis impian Anda.
Namun sebelum melakukan perhitungan kasar, mulailah melakukan persiapan dengan mengikuti langkah-langkah berikut agar Anda tahu faktor yang mesti masuk dalam daftar pengeluaran.
  1. Pilih denah rumah sesuai biaya bangun rumah tipe 45
Biaya bangun rumah tipe 45 atau tipe lain yang lebih besar bisa ditentukan pertama kali dari denah rumahnya. (Foto: Drawfolio)

Perkiraan biaya bangun rumah tipe 45 mulai bisa dihitung ketika Anda sudah menentukan floor plan atau denah rumahnya.
Dari denah inilah, Anda bisa menentukan ukuran tiap ruangan, jumlah sekat dinding yang membutuhkan pintu, jumlah jendela, hingga kualitas material ruangannya jika Anda sudah bisa membayangkan konsep ruangannya.
Meski dibangun dengan tipe 45, Anda tetap bisa merancang tata ruang yang lapang berkat konsep minimalis. Bahkan, Anda bisa menyelipkan tiga kamar tidur dalam satu lahan tanpa perlu ditingkat. Lihat ide denah rumahnya di sini.
  1. Tentukan desain eksterior untuk memperkirakan biaya bangun rumah tipe 45
Biaya bangun rumah tipe 45 juga ditentukan oleh desain eksterior bangunan. (Foto: RealEstate)
Biaya bangun rumah tipe 45 juga ditentukan oleh desain eksterior bangunan. (Foto: RealEstate)
Memilih konsep minimalis bukan berarti Anda bisa menekan biaya bangun rumah tipe 45 milik Anda. Konsep ini hanya mengatur penampakan eksterior rumah, rancangan tata ruang, hingga dekorasi ruangan.
Karena itu, ada baiknya Anda memulai langkah membangun rumah dengan menemukan desain eksterior minimalis yang sesuai keinginan. Anda bisa mencontek inspirasi untuk rumah tingkat minimalis di artikel ini atau menyewa jasa arsitek.
Pada prinsipnya, rumah dengan desain eksterior yang sangat sederhana, seperti kotak tanpa ada aksen lekukan, bisa lebih murah ketimbang desain minimalis namun memiliki banyak sudut bersiku atau bertumpuk. Intinya, semakin banyak sudut, semakin bertambah pula biaya yang dibutuhkan.

  1. Jasa arsitek juga masuk dalam biaya bangun rumah tipe 45
Menyewa jasa arsitek bisa membantu Anda memperkirakan biaya bangun rumah tipe 45. (Foto: Pexels)
Menyewa jasa arsitek bisa membantu Anda memperkirakan biaya bangun rumah tipe 45. (Foto: Pexels)
Kalau belum menemukan desain dan denah rumah yang pas dengan hati, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasa arsitek profesional. Merekalah yang akan merancang desain rumah secara keseluruhan, beserta perkiraan biayanya.
Tentu saja, ada biaya tambahan yang harus Anda keluarkan untuk membayar jasa arsitek. Mengutip situs Ikatan Arsitek Indonesia Jakarta, jasa arsitek bisa dihitung berdasarkan anggaran biaya bangunannya.
Kalau Anda memiliki anggaran biaya bangun rumah tipe 45 di bawah atau setara dengan 200 juta Rupiah, maka imbalan jasa arsitek yang harus dikeluarkan adalah 8% dari total anggarannya, yaitu 18 juta Rupiah.
Kalau biaya bangun rumah tipe 45 Anda berkisar antara 200 juta hingga 2 miliar Rupiah, maka imbalan jasa arsiteknya adalah 6,48%.
Contohnya, jika Anda memiliki anggaran sebesar 800 juta Rupiah, jasa imbalan arsitek yang mesti dibayarkan adalah sekitar 52 juta Rupiah.
Namun, harga jasa arsitek tidak mesti terpatok pada perhitungan berdasarkan total anggaran. Anda juga bisa menemukan sederet jasa arsitek dengan imbalan berdasarkan luas bangunan.
Harganya pun bervariasi, mulai dari 200 ribu hingga 700 ribu Rupiah per meter persegi, tergantung tingkat kesulitan bangunan dan pengalaman sang arsitek.
Jika menggunakan tarif bawah, jasa arsitek dalam biaya bangun rumah tipe 45 Anda hanya sebesar 9 juta Rupiah.
  1. Memilih opsi jasa tukang yang akan digunakan
Jasa tukang juga harus Anda perhitungkan dalam biaya bangun rumah tipe 45. (Foto: Pexels)
Jasa tukang juga harus Anda perhitungkan dalam biaya bangun rumah tipe 45. (Foto: Pexels)
Lalu, untuk urusan tukang bangunan. Apakah Anda lebih menyukai pembayaran tukang dengan sistem harian atau dengan borongan?
Jika menggunakan sistem pembayaran harian, Anda harus menyiapkan sendiri material dan desainnya. Anda juga harus meluangkan waktu untuk mengawasi pekerjaan tukang.
Kisaran biaya bangun rumah tipe 45 dengan jasa tukang harian adalah mulai dari 70 ribu hingga 200 ribu Rupiah, tergantung spesialiasinya.
Dengan anggapan Anda akan menyelesaikan pembangunan rumah dalam dua bulan, maka Anda perlu membayar jasa tukang harian sebesar 4,2 juta Rupiah per orang (jika menggunakan batas tarif terendah)
Lain lagi dengan sistem pembayaran borongan. Sistem pembayaran ini pun dibagi dua, yaitu sistem borongan upah tenaga dan sistem borongan total. Sistem borongan upah tenaga hampir mirip dengan sistem harian, namun Anda tidak menghitungnya berdasarkan hari melainkan berdasarkan proyek. Material dan desain tetap Anda yang kerjakan sendiri.
Nah, kalau sistem borongan total, Anda tinggal berkomunikasi dengan mandor dan dialah yang akan membagi pembayaran kepada tukang bangunan. Dia juga yang akan mengatur biaya pembelian bahan bangunan.
  1. Menghitung biaya bangun rumah tipe 45 berdasarkan luas bangunan
Memperkirakan biaya bangun rumah tipe 45 juga bisa menggunakan perhitungan luas bangunan. (Foto: Pexels)
Memperkirakan biaya bangun rumah tipe 45 juga bisa menggunakan perhitungan luas bangunan. (Foto: Pexels)
Jika menggunakan perhitungan ini, hasilnya mungkin akan berbeda-beda tergantung lokasi Anda. Harga ini dipengaruhi oleh bahan material yang dipakai hingga upah tukang setempat. Anda bisa mencari tahu berapa harga standar yang dipakai di daerah Anda.
Misalnya, standar biaya bangun rumah tipe 45 di tempat Anda adalah 2 juta Rupiah. Anda bisa mengalikannya dengan 45 meter persegi, yaitu sekitar 90 juta Rupiah. Jika menggunakan perhitungan ini, Anda cenderung akan diuntungkan apabila ingin membangun rumah bertingkat.

  1. Menghitung biaya bangun rumah tipe 45 berdasarkan biaya bahan bangunan
Menghitung harga bahan bangunan secara manual juga bisa menjadi salah satu metode perkiraan biaya bangun rumah tipe 45. (Foto: Pexels)
Menghitung harga bahan bangunan secara manual juga bisa menjadi salah satu metode perkiraan biaya bangun rumah tipe 45. (Foto: Pexels)
Perhitungan ini mungkin sedikit lebih rumit, karena Anda harus mencari tahu harga pasaran dari bahan bangunan. Perhitungan ini juga bisa berbeda antara tiap penghuni karena tergantung dengan pilihan materialnya.
Sebagai contoh, harga semen per 40 kilogram berkisar di harga 50 ribu hingga 60 ribu Rupiah. Rangka atap baja ringan dipatok mulai dari 120 ribu Rupiah per meter persegi.
Jika ingin dihitung secara kasar menggunakan material standar, Anda bisa membuat perhitungan dengan menetapkan harga perkiraan termahal.
Jika Anda mematok harga perkiraan total bahan bangunan sekitar 3 juta Rupiah per meter persegi, maka Anda harus mempersiapkan dana sebesar 135 juta Rupiah.
Melihat perkiraan biaya bangun rumah tipe 45 di atas, apakah Anda sudah siap membangun hunian impian? Kalau Anda lebih memilih membeli rumah jadi bertipe 45, cek di daftar rumah dijual.
Namun kalau Anda hendak membangun rumah dan membutuhkan hunian sementara, Anda bisa menemukannya di Properti Disewa ini. Selamat membangun rumah impian!
Sumber: rumah.com
Advertisement