Aneka Rempah-rempah Penagkal Virus yang Bisa di Tanam sendiri di Rumah

Aneka Rempah-rempah Penagkal Virus yang Bisa di Tanam sendiri di Rumah
Aneka Rempah-rempah Penagkal Virus yang Bisa di Tanam sendiri di Rumah
Kita sebenarnya tidak usah terlalu panik, kita hanya perlu menjaga kebersihan dan menjaga daya tahan tubuh kita sendiri. Yang sebaiknya kita lakukan adalah dengan sering mencuci tangan, membersihkan benda-benda yang sering dipakai, dan menghindari kontak langsung dengan orang yang sakit, istirahat yang cukup, serta memenuhi asupan gizi yang seimbang melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi.
Aneka Rempah-rempah Penagkal Virus yang Bisa di Tanam sendiri di Rumah

Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh atau imunitas adalah dengan menjaga asupan makanan maupun minuman yang bergizi dan bermanfaat untuk tubuh. Baru-baru ini kita mendengar berita, bahwasannya ada pria asal China yang sembuh dari Corona lewat bantuan air putih. Pria asal China itu bernama Chen.
Saat karantina itu Chen mengalami demam tinggi 6 hari 6 malam. Ia lantas disarankan minum banyak air putih untuk mengatasi tenggorokannya yang kering. Akhirnya, Chen rutin minum air hingga 25 liter setiap hari untuk mengatasi tenggorokan kering yang diduga menyebabkan perkembangan virus.
Ajaibnya, kebiasaan Chen minum air putih 25 liter per hari justru membuat kondisi tubuhnya cepat pulih. Pada 26 Januari 2020, hasil tes medis Chen menunjukkan dirinya negatif virus corona dan tidak perlu dikarantina lagi.
“Saya sembuh, saya benar-benar sehat dan bisa meninggalkan rumah sakit,’ kara Chen dikutip oleh worldofbuzz.com. Selain minum air putih yang banyak untuk menjaga tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Indonesia mempunyai banyak sekali rempah-rempah yang dapat kita konsumsi untuk menambah daya tahan tubuh.
Berikut ini adalah beberapa rempah yang bisa kita manfaatkan untuk menjaga daya tahan tubuh yaitu :
  1. Kunyit
Kunyit merupakan salah satu rempah yang memiliki warna kuning yang khas. Rempah satu ini memiliki manfaat sebagai bumbu dapur, bahan pewarna kuning alami juga bahan ramuan jamu.
Aneka Rempah-rempah Penagkal Virus yang Bisa di Tanam sendiri di Rumah

Menurut Profesor Amir Soebandrio, Direktur Lembaga Biologi Molekuler Ejikman, kandungan kurkumin pada kunyit secara umum bisa meningkatkan daya tahan tubuh.
“Karena ada beberapa kajian bahwa kurkumin punya efek misalnya menurunkan peradangan, ada yang menyebut efek antioksidan, yang berguna untuk meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh.”
  1. Jahe
Jahe bisa Anda manfaatkan untuk menjaga daya tahan tubuh.
Aneka Rempah-rempah Penagkal Virus yang Bisa di Tanam sendiri di Rumah

“Senyawa gingerin pada jahe bisa untuk antiinflamasi atau radang flu, demikian juga beberapa antioksidan pada rempah untuk imunitas tubuh,” kata Profesor Dodik Briawan, ahli gizi masyarakat IPB.
  1. Temulawak
Temulawak juga mengandung kurkumin yang memberikan warna kuning pada rempah ini. Konsumsi temulawak pun diyakini bisa menyehatkan sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Anda tentu masih ingat resep jamu ala Presiden Jokowi. Resepnya sederhana, yaitu cukup merebus temulawak, kunyit dan jahe. Selain menjaga daya tahan tubuh, temulawak juga mampu melindungi organ hati.
  1. Kayu Manis
Kayu manis mempunyai aroma yang khas, sehingga banyak dimanfaatkan sebagai campuran masakan maupun kudapan. Kayu manis banyak mengandung kalsium, serat, vitamin B6, magnesium, zat besi, vitamin A, karbohidrat dan vitamin C.

Kayu manis juga dikenal kaya akan antioksidan, antimikroba dan antiimflamasi sehingga rempah ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Jenis rempah ini biasa dikonsumsi dalam bentuk serbuk sebagai campuran minuman atau makanan. Kayu manis utuh pun bisa dimanfaatkan sebagai campuran pada rebusan jamu.
  1. Sereh
Daun sereh berkaitan dengan kesehatan. Daun yang kerap dijadikan pelengkap bumbu masakan ini mengandung vitamin B, magnesium, kalium dan zat besi.

Sereh bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan antioksidannya berperan melawan radikal bebas. Sereh memiliki beberapa jenis antioksidan seperti asam klorogenat, isoorientin, dan swertia japonin.
sumber: https://langgam.id/
Advertisement